Minggu, 30 Juni 2013

Fishbowl Dadakan...

beberapa hari lalu, aquarium admin bocor. senthet gitu. maka dari itu, cepat-cepat deh beli aquarium buat mindahin ikan-ikan malang. tapi setelah dipikir-pikir, kok pingin fishbowl aja ya? akhirnya beli fishbowl deh di pasar ikan sumberan yang ukuran 7 liter seharga 50.000,- , hehehe. sempat diprotes sama ibu, soalnya akuariumnya masih bisa dibenerin, tapi karena akunya yang ngeyel jadi beli yang baru. hehehe. segera lah aku setup fishbowlnya. dan akhirnya jadilah fisbowl yang diberi nama "the fresh water room" ( terinspirasi dari judul lagunya Owl City, Saltwater Room) dan berisi ikan sumatran tiger, zebra danio, ikan neon tetra, ikan "miriplelebergariskuninghitamyangsukanyanepel" atau striped raphael catfish, beberapa helai tanaman air beserta pot, gravel, filter buatan sendiri, dan tentunya air. hehe, siap dirawat deh...

fishbowl admin, the fresh water room :)
keunggulan fisbowl menurut admin adalah bentuknya unik, sederhana dan klasik, menambah estetika, ikannya jadi keliatan lebih gede, dan cocok untuk rumah minim lahan kaya' rumah admin. tapi, setelah browsing-browsing kok kalo pake fisbowl ikannya ga awet alias mati, tapi sejauh ini ikan-ikan admin belum ada yang mati tuh. mungkin belum ya? eh, ya moga aja awet lah.., hehe. mungkin aja dengan diberi filter kecil bisa lebih lama., amin. soalnya dari sumber-sumber banyak yang gagal karena ga ada sirkulasi air yang baik di dalam fishbowl ini. maka yang admin buat ini bukan fishbowl biasa, hahaha. saran sih buat yang pingin buat fishbowl kaya' begini harus pake filter yang sederhana gapapa, ato ikannya cupang aja, ato ikannya dikit, dan sering-sering ganti airnya.

Selasa, 25 Juni 2013

menanam caisim di polybag

kali ini postingnya nanem sayur sendiri. tujuannya biar hemat, ngga usah pergi ke pasar, n menghindari bahaya residu pestisida. mmm, kali ini sayurnya caisim dulu deh. caisim itu sayur sejenis sawi n biasanya dibuat campuran baso, mie ayam, masakan cina, sayur bening, dan lain-lain. rasanya seger, sedikit ada rasa pait, n renyah. sayur ini juga enak kalau dimasak dan dicampur sama mie instan. berikut cara menanamnya..:

1. sediakan benih caisim (biasanya sebungkus Rp 10.000,-), polybag ukuran sedang (kira-kira yg diameternya 12 cm, kalo ga salah)dan media tanam
2. media tanamnya bisa tanah+kompos/pupuk kandang, sekam+tanah+kompos, atau yang lainnya sesuai kesukaan anda
3. masukkan media tanam ke poly bag, siram media tanamnya
4. buat lubang di tengah media tanam di poly bag sedalam 1-1,5 cm, isi dengan 3-4 butir biji caisim
5. tunggu selama 2-5 hari maka bijinya sudah tumbuh
6. siram dan rawat setiap hari, siram sehari sekali kalau ngga hujan kalo hujan ngga usah siram, pupuk setiap minggu sekali dengan pupuk cair sesuai dosis, atau 3 minggu sekali dengan pupuk butiran (urea/NPK), kalo pupuk organiknya udah mencukupi sih ngga usah dipupuk lagi ngga apa-apa.
7. ngga usah semprot pestisida, kalo ada hama di ambil aja pake tangan habis itu dibunuh, dibuang, atau terserah yg penting sayur kita bebas hama. agar terhindar dari penyakit pastikan sirkulasi udara baik, dan pakai media tanam yang gembur dan tidak becek.
8. setelah 2-3 bulan udah bisa dipanen

mudah kan? cocok banget buat yg kepingin merasakan panen sayur sendiri yg bebas pestisida tapi punya lahan kurang. yang penting letakin di tempat yang kena cahaya matahari langsung minimal 5 jam sehari, dijamin tumbuh segerrrr... selamat mencoba :-)

the keboen, update bulan juni

wah, udah lama nih ga ngepost, hehe. mm kali ini mau nulis keadaan si keboen aja di bulan juni. akhir-akhir ini nih hujannya makin dikit.. namanya aja udah kemarau, tapi kadang-kadang juga masih ujan, jadi kudu sregep nyiram tanaman. ane kan kolektor anggrek, dan di bulan-bulan ini lah anggrek-anggrek tercinta bermekaran. ya meskipun di kebun kecil kayak gini, mereka masih sudi berbunga.. hiks, mereka sungguh tulus apa adanya.. hehehe. anggrek mana aja ya yang mekar? ada phalaenopsis, epidendrum, dendrobium, dan masih banyak yang lain, aliasnya kaga tau tuh namanya anggrek. beberapa tanaman malah lagi pesat-pesatnya tumbuh dan berkembang, seperti suplir, anyelir, nepenthes, dsb. ada proyek lain juga, dan coba-coba nanem sayur nih. ya moga makin subur makmur aja lah... :-)